Rabu, 07 November 2018

Tauge

Tauge

Tauge Adalah

Tauge adalah kecambah yang berasal dari tanaman kacang hijau. Tauge dipanen ketika kacang hijau yang ditanam membentuk kecambah. Tauge berbentuk panjang dengan kepala di ujungnya. Kepala tersebut adalah biji kacang hijau yang membelah. Tauge bisa didapatkan dengan mudah. Anda bisa membeli langsung di pasar atau supermarket. Cara lainnya Anda bisa menanam sendiri. Tauge memang mudah ditanam karena termasuk tanaman yang tahan dalam keadaan apapun. Tauge bisa didapatkan dengan menanam biji kacang hijau dalam media hidroponik seperti gabus, kapas, atau gabah. Tauge biasa digunakan dalam masakan karena rasanya yang manis dan kaya manfaat. Tauge baik dikonsumsi sehari-hari untuk membantu menjaga kesehatan Anda.

Fungsi

Tauge memiliki kandungan anti oksidan dan vitamin A, C, serta E. Tauge baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaat tauge lain yang sangat terkenal adalah membantu menyuburkan kandungan. Oleh sebab itu, tauge cocok dikonsumsi pasangan yang ingin memiliki momongan. Tauge juga mampu menangkal radikal bebas dari polusi dan radiasi. Tauge juga mampu meningkatkan kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis. Tauge juga mampu menurunkan kolesterolsehingga memelihara kesehatan jantung dan syaraf.
Untuk masakan, tauge banyak digunakan untuk tumisan. Tauge juga bisa digunakan untuk masakan berkuah seperti sayur tahu. Tauge bisa pula dimanfaatkan untuk isian pada tahu goreng. Tauge dapat dimasak menjadi lauk pauk dengna dibuat gorengan berbahan tauge.

Cara Mengolah

Tauge hendaknya disimpan dalam tempat yang lembab agar senantiasa segar. Tauge yang disimpan dalam keadaan kering biasanya lebih cepat keriput dan tidak bisa digunakan. Cara paling efektif adalah menyediakan tanaman tauge sendiri di rumah dan memanennya ketika hendak dimasak.
Pengolahan tauge cukup beragam namun langkah awalnya sama. Tauge hendaknya dibersihkan dari tanah dan akar yang menempel. Kemudian tauge direndam agar kulit pada biji tauge terlepas dan membuat tampilan tauge lebih cantik. Anda bisa menggunakan tauge bersih pada tumisan dengan cara langsung ditambahkan pada tumisan. Cara lain, tauge disiram air panas atau direbus sebentar pada air mendidih untuk mematangkan tauge. Sebaiknya Anda tidak memasak tauge terlalu lama karena dapat merusak gizi dan teksturnya. 

0 komentar:

Posting Komentar