Minggu, 11 November 2018

5 Manfaat Lobak Putih untuk Tubuh Sehatmu

5 Manfaat Lobak Putih untuk Tubuh Sehatmu

  
191
Lobak adalah tumbuhan yang masuk ke dalam famili Cruciferae yang memiliki beragam jenis dengan warna yang juga berbeda-beda. Lobak putih sendiri merupakan jenis umbi yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan gizi yang terkandung di dalamnya juga sangat komplit untuk kebutuhan tubuh. Beberapa di antaranya adalah Vitamin A, B1, B2, C, dan vitamin E, Minyak Atsiri, Beta Karotin, Niasin, Mangan, Kolin dan Asam Folik. Lobak putih juga kaya akan serat kasar dan mengandung Kalsium, Zat Besi, Fosfor dan Asam Oksalat.
Terdapat berbagai macam jenis lobak yang ditanam oleh para petani, seperti lobak merah, dan juga ungu. Namun khusus lobak putih, kamu bisa langsung memakannya tanpa harus memasaknya terlebih dahulu. Namun memadukannya dengan berbagai makanan dan masakan juga tidak akan mengurangi kandungan gizi yang ada di dalamnya.
Berikut lima manfaat untuk tubuhmu jika kamu mengkonsumsi lobak putih:
1. Di dalam lobak putih terdapat enzim-enzim yang sangat baik untuk menghambat perkembangan jamur pada tubuh. Selain itu, enzim tersebut juga sangat efektif untuk memerangi virus dan juga parasit yang menyerang tubuh kita.
2 Kandungan  potassiumnya juga cukup tinggi dan sangat berguna dalam membantu tubuh untuk mengurangi keluarnya kalsium yang terdapat dalam urin yang mampu membentuk batu ginjal. Sehingga dengan banyak mengkonsumsi lobak akan sangat mengurangi resiko penyakit ginjal.
3. Pada lobak putih, menurut penelitian para ahli, sangat bagus untuk mengatasi penyakit liver. Kandungan-kandungan yang terdapat pada lobak ini juga sangat bagus untuk mendetoksifikasi liver dan juga dapat mengatur memperbaiki kinerja empedu dan bilirubin.
4. Manfaat besar lain yang dimiliki oleh lobak jenis ini yaitu dapat mengatasi penyakit kuning. Kandungan-kandungan yang berada di dalamnya dapat membatasi bilirubin yang berlebihan. Seperti yang kita ketahui, penyakit kuning berasal dai bilirubin berlebihan yang menyerang sel-sel darah merah tubuh kita. Dengan lobak putih ini, akan dapat memperbaiki ketidaknormalan yang terjadi.
5. Lobak putih kaya akan serat kasar yang tinggi dan juga zat-zat yang tidak mudah dicerna. Hal ini akan sangat membantu, jika kamu mengkonsumsinya secara rutin, untuk mengobati penyakit ambien. Pencernaan yang tidak lancar dan susah air besar, menyebabkan terjadinya ambien. Dengan menjadikan lobak putih menjadi jus dan mengkonsumsinya dua kali dalam sehari, akan membuat BAB-mu menjadi lancar, sekaligus melancarkan dan membersihkan saluran pencernaan.
Manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh kita sudah tidak diragukan lagi. Kamu yang perduli dengan tubuh, wajib mengkonsumsi umbi-umbian ini agar selalu fit dan bugar ya, ladies.

0 komentar:

Posting Komentar