Rabu, 07 November 2018

10 Manfaat Tauge Untuk Meningkatkan Kesuburan | Tips Cara Membuat Sendiri Di Rumah

10 Manfaat Tauge Untuk Meningkatkan Kesuburan | Tips Cara Membuat Sendiri Di Rumah

Manfaat Tauge Untuk Meningkatkan kesuburan – Setiap pasangan yang sudah menikah pastinya menantikan kehadiran seorang anak didalam kehidupannya. Bagaimanapun juga seorang anak merupakan bukti buah kasih antara seorang wanita dan seorang pria. Seorang suami tentu akan merasa sangat bahagia saat mendengar kabar bahwa istrinya tengah mengandung seorang anaknya. Itulah kabar yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri.
Akan tetapi tidak sedikit pasangan suami istri yang belum dikaruniai seorang anak meskipun mereka sudah lama menikah. Hal inilah yang menjadi persoalan besar bagi mereka dimana kondisi ini membuat mereka merasa waswas. Perasaan gelisah yang kerap menghantui mereka tentunya disebabkan oleh kekhawatiran apakah mereka akan mendapatkan keturunan atau tidak.
Apakah Anda termasuk didalamnya? Jika iya, buanglah jauh-jauh perasaan gelisah tersebut, selama kita percaya dengan segenap usaha yang kita lakukan, apa yang Anda inginkan dapat terwujud. Untuk itu tidak menutup kemungkinan bahwa setelah Anda menikah cukup lama, Anda akan mendapatkan seorang anak. Asalkan kita selalu berusaha dengan melakukan apapun termasuk program hamil. Ketika kita sedang menjalankannya, kita tentunya harus patuh terhadap apa yang disarankan dan yang dilarang.

Manfaat Tauge Untuk Meningkatkan Kesuburan

manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan
Saat ini banyak pasangan suami istri yang menjalankan program hamil dengan mengonsumsi tauge. Sayuran yang satu ini memang sangat ajaib akan khasiat dan manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan. Jika Anda penasaran, yuk kita simak apa saja manfaat tauge dan seperti apa khasiat yang diberikan untuk meningkatkan kesuburan. Baca Juga: 12 Makanan dan Minuman Yang Dilarang Saat Program Hamil
Sayuran kecil ini memang berukuran kecil dan berbentuk sangat lucu. Orang-orang sering memplesetkan bahwa bentuk tauge mirip dengan sel sperma pria. Maka dari itu, tidak heran jika tauge mempunyai segudang nutrisi dan manfaat yang bisa kita dapatkan untuk meningkatkan kesuburan baik untuk pria maupun untuk wanita.
Dengan segudang manfaat yang dimiliki oleh tauge, memang sangat dianjurkan bagi kita untuk membelinya karena tauge harganya sangat murah.  Tentunya, kita sangat beruntung memiliki hasil bahan makanan tradisional yang sangat menyehatkan dan tentu harganya sangat terjangkau.

Apa Itu Tauge?

Sebelum kita beranjak pada poin utama manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan, alangkah baiknya kita mengenal dulu sekilas apa itu tauge. Selain kata tauge, kecambah juga kerap digunakan untuk menunjuk sayuran yang satu ini. Tauge atau kecambah merupakan salah satu tumbuhan  muda yang tumbuh dan berkembang didalam biji. Tauge ini berasal dari tanaman kacang hijau yang dipanen saat kacang hijau yang ditanam berbentuk kecambah. Bentuk tauge memanjang dengan kepala yang merupakan belahan dari biji kacang hijau. Tauge sangat mudah untuk kita dapatkan, dengan menanam biji kacang hijau dalam hidroponik atau yang kita kenal seperti gabus, gabah atau kapas. Dengan rasanya yang khas dan manis, tauge kerap dijadikan bahan untuk menu masakan setiap hari. Lihat juga: 10 Cara Terapi Buah Agar Cepat Hamil Yang Dapat Anda Lakukan Sekarang!

Benarkah Tauge Dapat Meningkatkan Kesuburan?

Terlepas benar atau tidaknya, tentu kita harus mengetahui nutrisi dan gizi yang terkandung didalamnya. Bahan masakan ini memang selalu dijadikan bahan pelengkap pada menu masakan. Sayuran berbentuk kecil ini sangat bermanfaat bagi tubuh, selain menyembuhkan berbagai penyakit, tauge juga dipercaya untuk meningkatkan kesuburan pada wanita ataupun pria.
Kandungan gizi apa saja yang terdapat pada tauge? Tauge memiliki kandungan vitamin B1, B6, K, A, B, E dan C dan juga berlimpah dengan nutrisi lainnya seperti magnesium, kalium, fosfor, zat besi, kalsium, asam lemak omega 3 dan juga mangan.
Tauge mengandung enzim yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yang dapat meningkatkan jumlah oksigen didalam tubuh. Kandungan vitamin E pada tauge dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria. Selain itu, vitamin E pada tauge bersifat anti-oksidan untuk melindungi sel-sel telur dari radikal bebas. Dengan mengonsumsi tauge secara teratur, maka kemungkinan besar vitamin E pada tauge dapat menjaga dan melindungi sperma dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.
Bagi wanita, tauge dapat membantu meningkatkan kesuburan pada sel-sel telur serta kesehatan rahim. Nutrisi dan kandungan yang terdapat pada tauge dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat dan resiko keguguran. Selain itu, tauge dapat membersihkan tubuh dari kelebihan hormon yang kerap dialami oleh wanita.
Banyak manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan dan khasiatnya pada wanita. Tauge dapat mencegah dari serangan kanker payudara dan masalah-masalah siklus menstruasi. Untuk itu, jika Anda ingin menjaga kesehatan serta meningkatkan kesuburan untuk mendapatkan keturunan, maka kami menganjurkan kepada Anda untuk mengonsumsi tauge secara teratur dan jadikanlah menu masakan Anda setiap hari.

Kandungan dan Manfaat Tauge Untuk Meningkatkan Kesuburan

manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan
Dengan melihat sedikit penjelasan diatas mengenai manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan, tentunya Anda bertanya-tanya apa saja kadungan nutrisi pada tauge yang dipercaya mampu meningkatkan kesuburan. Nah, rasa penasaran Anda, kami jawab berikut ini:

1. Vitamin E

Vitamin E pada makanan memang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan baik wanita maupun pria. Tidak terkecuali kandungan vitamin E yang terdapat pada tauge, selain mencegah terjadinya penuaan dini, vitamin E pada tauge juga dapat menambah stamina pada pria dewasa dalam berhubungan seksual. Bagi wanita, segudang manfaat dari tauge memang sudah tidak diragukan lagi, tauge dapat menjaga kesehatan kulit dan kelembaban kulit sehingga kulit terlihat awet muda.

2. Asam Folat

Kandungan yang paling besar untuk mendukung sebuah program kehamilan yaitu asam folat. Selain terdapat pada buah-buahan, asam folat juga dapat diperoleh dari tauge. Asam folat memang sangat berperan penting dan dibutuhkan oleh seseorang yang tengah menjalankan program hamil. Selain itu, asam folat atau vitamin B9 sangat mendukung dalam perkembangan janin. Anjuran konsumsi asam folat pada wanita setiap hari yaitu sekitar 800 mcg sedangkan untuk wanita subur sebaiknya konsumsi sekitar 400 mcg per hari.

3. Antioksidan

Kandungan antioksidan didalam tauge mampu menjaga dan melindungi sperma dari kerusakan dan akibat serangan radikal bebas. Dengan mengonsumsi tauge, maka pria dapat menyalurkan sperma berkualitas baik pada rahim wanita.

4. Vitamin C

Tentunya, Anda sudah tidak asing lagi dengan manfaat vitamin C baik pada sayuran maupun buah-buah. Vitamin C mampu menjaga kekebalan tubuh agar tidak rentan sakit.

5. Mencegah Gangguan Menstruasi

Gangguan-ganguan menstruasi yang kerap dialami oleh wanita dapat dikatakan sebagai teror yang sangat mematikan. Pasalnya, gangguan menstruasi merupakan salah satu halangan bagi seorang wanita untuk mendapatkan kehamilan yang diinginkannya. Faktanya, gangguan menstruasi dapat menyulitkan kita untuk mengetahui masa subur yang baik untuk melakukan hubungan seksual karena kemungkinan besar dapat terjadi kehamilan.
Kemampuan dan kandungan de-oksidasi yang terdapat pada tauge mampu meningkatkan sirkulasi aliran darah yang tentu saja untuk mencegah dan menetralkan gangguan hormon menstruasi pada rahim Anda.

6. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Masalah wanita yang kerap dialami adalah gejala pra-menopause dan masalah haid yang tidak teratur. Tentunya, tidak bisa dipungkiri bahwa masalah pra-menopause membuat seorang wanita mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Masalah menopause akan terasa berat jika kita belum memiliki keturunan, sedangkan usia kita terus bertambah. Pada umumnya menopause pada wanita akan terjadi saat menginjak usia 40-45 tahun. Tentu saja, ini menjadi masalah yang sangat pelik terlebih jika Anda belum mendapatkan keturunan. Untuk itu, wanita yang mengonsumsi tauge secara teratur dapat terhindar dari resiko pra-menopause, menopause dini, haid tidak teratur dan juga resiko kanker payudara.

Manfaat Tauge Untuk Kesehatan Tubuh

Setelah kita mengetahui manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun pada wanita. Selain itu, manfaat tauge tidak dapat diabaikan lagi akan khasiat dan manfaatnya. Berikut beberapa manfaat tauge untuk kesehatan tubuh:

1.Mencegah Serangan Stroke dan Jantung

Tentunya, Anda jangan mengabaikan akan kerasnya penyakit ini. Seorang yang mengidap penyakit jantung tentu sangat beresiko tinggi mengalami penyakit lainnya seperti stroke, bahkan kematian. Untuk kita, kita harus menjaga pola makan dan gaya hidup kita. Nah, dengan mengonsumsi tauge, maka lemak dalam kolesterol jahat dapat dilawan dengan tauge tanpa mengganggu lemak baik (HDL). Bagaimanapun juga serangan jantung dan penyakit stroke disebabkan oleh naiknya kadar lemak didalam darah.

2. Mencegah Osteoporosis

Bagi Anda yang berusia lanjut, penyakit osteoporosis kerap menyerang Anda. Pengeroposan pada tulang juga sangat rentan untuk menyerang wanita. Dengan kandungan estrogen didalam tauge tentunya dapat meningkatkan ketebalan tulang, memperbaiki struktur tulang serta mencegah terjadinya kebusukan pada tulang. Maka dati itu, konsumsilah tauge secara teratur jika Anda menderita penyakit Osteoporosis.

3. Mencegah Kanker

Jangan diabaikan lagi akan ganasnya penyakit ini. Kanker yang saat ini banyak diidap oleh sebagian orang menjadi tugas kita untuk mencegahnya supaya tidak menyerang kita. Ternyata kandungan oksidan didalam tauge mampu menghentikan pembelahan sel-sel yang menyebabkan kanker serta memperlambat proses penuaan pada kulit tubuh.

4. Melancarkan Pencernaan

Tidak sedikit dari kita yang mengalami sistem pencernaan yang tidak lancar dan kerap menyebabkan sakit pada alat ekskresi. Tauge memang bersifat basa yang tentu akan menjaga tingkat keasaman pada lambung. Kandungan serat yang tinggi pada tauge tentunya mampu meningkatkan kontraksi pada saluran pencernaan sehingga memperlancar ketika buang air besar.

5. Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda mengalami obesitas tingkat tinggi? Anda tentu menginginkan berat badan Anda turun dengan cepat. Memang menurunkan berat badan tidak bisa dengan cara yang isntan, tetapi dengan keuletan dan kemauan kita dalam berusaha tentu apapun akan menjadi mungkin. Seperti dengan mengonsumsi tauge secara teratur untuk menurunkan berat badan Anda. Tauge mengandung lemak yang sangat rendah sekitar 0,11 gram, itupun pada satu mangkuk tauge. Tentunya, diet rendah lemak dengan tauge pada menu harian Anda, sangat ideal dan cara aman untuk menurunkan berat badan Anda.

6. Mengatasi Anemia

Jika Anda seseorang yang rentan mengidap penyakit anemia. Tentu, jangan hiraukan manfaat tauge untuk pembentukan hemoglobin pada tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa hemoglobin adalah protein yang terkandung didalam sel darah merah. Jika Anda mengalami anemia, maka sel darah merah pada darah menjadi berkurang. Untuk itu, dengan mengonsumsi tauge, maka menjadi awal langkah Anda untuk mencegah anemia. Selain itu, kandungan vitamin C pada tauge dapat membantu penyerapan zat besi pada usus sehingga dapat menurunkan resiko kekurangan zat besi.

Varian Olahan Tauge Untuk Meningkatkan Kesuburan

Berikut ini ada beberapa olahan dari tauge yang dapat Anda konsumsi dengan varian menu sajian, diantaranya:

1. Tumis tauge

Menu harian ini memang sudah tidak asing lagi bagi para wanita. Tauge yang kerap menjadi bahan pelengkap masakan ini memang sering digunakan. Namun, Anda harus memperhatikan cara memasak tauge yang baik dan benar supaya kandungan yang terdapat dalam tauge tidak terbuang sia-sia.
Ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa sebaiknya tauge dikonsumsi secara mentah agar nutrisi dan kandungan gizinya tidak rusak. Namun, sebagian berpendapat bahwa sebaiknya dimasak terlebih dahulu untuk menghindari adanya bakteri E-Coli yang tentu sangat berbahaya bagi tubuh. Sangat disarankan untuk memasak tumis tauge agar tidak terlalu lama untuk mencegah kadar nutrisi terbuang.

2. Rebus Toge

Jika Anda berniat untuk merebus tauge yang biasanya digunakan untuk membuat sup. Sebaiknya, Anda jangan memasukkan tauge pada saat awal air dididihkan, namun Anda dapat mencampurkan tauge diakhir-akhir atau beberapa saat api akan dimatikan. Karena merebus tauge terlalu lama akan menghilangkan vitamin C dan merusak kandungan enzim. Kandungan enzim pada tauge yang direbus lama diperkirakan sekitar 60%, sehingga hanya tersisa sekitar 20%. Tentu, ini sangat rugi bagi Anda yang sedang mengambil manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan.

3. Jus Tauge

Jika Anda mempunyai nyali yang besar, mencicipi jus tauge sangat direkomendasikan untuk Anda. Bagaimanapun juga jus tauge pastinya menghasilkan rasa khas dari tauge yang mungkin sedikit membuat lidah Anda tidak sedap. Namun, khasiat yang terkandung didalam tauge terutama jika tauge diolah tanpa dimasak memang tidak bisa kita abaikan. Akan tetapi, Anda harus mencuci tauge tersebut dengan sangat bersih untuk menghindari debu dan bakteri yang ada pada tauge. Buktikan nyali Anda dengan meminum jus toge secara teratur dalam mendapatkan manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan.

Tips Cara Memilih Tauge

Jika Anda berencana untuk membeli tauge setelah membaca artikel ini, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal diantaranya:
  1. Pilih tauge yang berukuran gemuk dan pendek
  2. Pastikan tauge tidak berlendir
  3. Jangan memilih tauge yang bertekstur seperti benang yang tinggi dan lurus
  4. Pastikan memilih tauge yang bersih dan tidak busuk
  5. Konsumsi tauge jangan lebih dari 2 hari setelah dibeli

Tips Cara Membuat Tauge Sendiri

Tentunya, Anda sangat penasaran dengan bagaimana cara membuat tauge sendiri dirumah. Anda jangan khawatir karena membuat tauge dirumah tidaklah sulit Seperti pada cara berikut:
  1. Siapkan kacang hijau yang bermutu tinggi dan tidak busuk
  2. Rendam kacang hijau di dalam air hangat selama 1 malam
  3. Setelah itu, cuci dan bilas kacang hijau yang sudah direndam tadi
  4. Kemudian, tempatkan kacang hijau didalam wadah seperti baskom atau toples, Anda juga dapat menggunakan kapas atau gabus basah sebagai alasnya.
  5. Tutup wadah tersebut dengan kain katun tipis
  6. Setelah sekitar 2-3 hari kacang hijau ditanam, maka akan muncul tunas tauge. Jika sudah tumbuh, maka tauge siap untuk dikonsumsi.
Mendapatkan kehamilan dengan cepat dengan menjalankan program hamil bagi  setiap pasangan tentu tergantung pada usaha dan ikhtiar mereka demi mendapatkan kehamilan tersebut. Untuk itu, jika Anda benar-benar menginginkan keturunan, maka lakukan hal-hal yang mendukung kehamilan agar berhasil dan jauhi pantangan yang dapat menghambat keberhasilan dalam program hamil. Seperti dengan mengonsumsi tauge secara teratur yang sangat mudah dan murah untuk mengambil manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar