Minggu, 12 Mei 2019

5 Jenis Jamur yang Tumbuh di Indonesia dan Bisa Dimakan

5 Jenis Jamur yang Tumbuh di Indonesia dan Bisa Dimakan


5 Jenis Jamur yang Tumbuh di Indonesia dan Bisa Dimakan
Bagi penggemar Jamur, berbagai olahan jamur tentu terasa lezat dinikmati. Saya sendiri adalah penggemar jamur dan merasa beruntung tinggal di negara yang bisa ditumbuhi beragam jenis jamur. Berikut 5 jenis jamur yang tumbuh di Indonesia dan lezat dijadikan makanan.
1. Jamur Tiram
Jamur tiram bentuknya putih, lebar, tumbuh bergerombol seperti payung, dan bentuknya menyerupai cangkang tiram. Jamur tiram banyak ditemukan di pasaran dan tergolong mudah untuk tumbuh di seluruh kawasan Indonesia maupun dibudidayakan. Hampir semua orang menyukai jenis jamur ini, terlebih karena jenis jamur ini sangat lezat dijadikan olahan jamur crispy. Jamur yang harganya sangat terjangkau ini bermanfaat untuk mencegah anemia dan meningkatkan sistem imunitas sehingga Anda tidak mudah sakit serta mencegah kanker.


2. Jamur Kancing
Selain jamur tiram, jamur kancing juga mudah ditemui di pasaran. Bentuknya bulat menyerupai kancing, umumnya berwarna putih, krem, atau cokelat muda. Seringkali dijadikan bahan isian dalam masakan seperti lumpia atau jenis pastry, topping pizza, dan campuran masakan daging maupun seafood. Jamur ini seringkali juga disebut champignon.


3. Jamur Merang
Jamur merang cukup sering dijumpai di Indonesia dan mudah dibudidayakan. Bentuknya bulat telur dan tidak mudah berubah bentuk saat dimasak. Warnanya abu-abu dengan sedikit semburat gelap. Teksturnya kenyal dan lunak. Rasanya enak dan gurih serta kaya akan protein, sekitar 3,2 gram protein per 100 gram jamur. Biasanya dimasak sebagai campuran dalam tumisan, isi sup maupun dijadikan pepes jamur. Jamur merang bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker, memperkuat sistem imunitas tubuh, dan mendukung diet sehat bagi penderita diabetes karena kandungan kalori dan rendah lemaknya. 

4. Jamur Kuping
Jamur kuping merupakan jenis yang paling familiar. Teksturnya yang renyah dan kenyal mirip jeli membuat jamur kuping ini terdiri dari tiga jenis yaitu jamur kuping putih, jamur kuping hitam, dan jamur kuping merah. Namun yang paling sering ditemui adalah jamur kuping hitam dan putih. Jamur ini banyak dipakai dalam masakan cina. Jamur kuping ternyata bermanfaat mengatasi panas dalam, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah gumpalan darah yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.


5. Jamur Enoki
Jamur enoki bentuknya panjang dengan batang berwarna putih. Jamur ini bisa dimasukkan dalam sup atau dicampurkan dalam berbagai jenis makanan. Jamur ini banyak dijumpai di negara musim dingin, tetapi di Indonesia juga banyak yang mulai membudidayakan. Karena itu harganya pun sedikit lebih mahal dibanding jamur lain. Jamur ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional dan juga ternyata berkhasiat melancarkan buang air besar.
Mana di antara kelima jamur di atas yang jadi favorit Anda?

0 komentar:

Posting Komentar